INFO WISATA

WISATA PANTAI | PANTAI SANGGAR YANG BEGITU SANGAR PESONA PANTAINYA

PANTAI SANGGAR – Tulungagung

Pantai Sanggar, mungkin masih sedikit asing bagi banyak warga Tulungagung terutama bagi mereka yang bermukim di wilayah utara kota Tulungagung .Namun jangan salah Pantai sangga menyimpan pesona dan keindahan yang sangat berkelas dan mampu membuat orang akan tidak pernah melupakan keindahannya.

Mari kita mulai mengulas keindahan pantai sanggar dari beberapa sumber yang kami dapat.Pantai ini dapat kita temui bersamaan dengan gugusan pantai indah di wilayah Tulungagung.Terletak di Desa Jengglungharjo kecamatan Tanggung gunung – Tulungagung.
Sejatinya jika pemerintah setempat mau melirik keindahan pantai ini, maka potensi yang ada disini akan menjadi peluang bagi banyak pihak.
Dikenal dengan pantai yang masih sunyi namun keadaan asri dan menarik dengan pesona yang menggoda , pantai ini bak permata yang hanya perlu dipoles sedikit untuk mendapatkan keindahan sempurna.
 Pntai Sanggar di dominasi dengan pasir halus dan karang – karang ( Lihat Photo ) sehingga menambah estetika keindahan yang dimunculkannya.
Kembali lagi jalur menjadi halangan untuk datang ke tempat ini, karena hanya bisa diakses dengan jalan kaki namun ini menjadi tantangan tersendiri bagi mereka yang mencari kepuasan sejati dan petualang sejati.
     Pantai ini lokasi yang terletak 30 km dari kota Tulungagung merupakan kesan tersendiri dibanding pantai lain misalnya Pantai Popoh, Pantai Sine di tulungagung atau bahkan pantai Prigi yang sudah masuk kawasan Trenggalek maupun pantai tambak rejo yang ada di blitar pun kalah telak dengan pesona alami pantai Sanggar ini. Pantai ini belum merupakan kawasan wisata walaupun dekat dengan kawasan wisata pantai Sine. Dari segi geografis pantai ini terletak di kecamatan tanggung gunung. Desa terakhir yang dapat diakses pun adalah desa Ngelo yang merupakan desa yang terletak 5 km sebelum pantai Sine. Untuk pantai Sine sendiri sebenarnya terletak diantara 2 kecamatan yaitu Tanggunggunung dan Kalidawir yang hanya dibatasi oleh sungai. Namun untuk akses ke pantai Sanggar ini hanya bisa diambil melalui jalur barat (masuk wilayah Tanggung gunung).
Jangan harap kita bisa langsung berdiri di bibir pantai Sanggar ini karena jalur pantai ini hanya dapat ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 1,5 jam atau kurang lebih 3-5 km. Bagi para petualang sejati medan yang ditempuh tidak cukup sulit walau hanya berupa jalan setapak yang di tumbuhi rerumputan dan pohon alami. Tumbuhan yang ada pun sangat beragam mulai dari tanaman perdu sampai jenis pohon besar yang banyak dan rimbun. Kesan sejuk pun didapatkan di wilayah hutan sepanjang perjalanan ke pantai tak satupun terik dan panasnya matahari dapat, banyak hal yang bakalan didapat. Tak satupun rumah bakalan kita temui dalam perjalanan ke pantai ini karena kita harus mendaki bukit dan menyusuri pinggiran.
Pantai Sanggar merupakan pantai yang cocok untuk menikmati sunrise saat matahari terbit dari sisi itulah munculnya sang mentari yang hangat menyinari pantai yang panjang itu. Jangan harap kita dapatkan pondokan atau sekedar gubug buat menginap, yang ada hanya pasir putih buat alas kita. Deru ombak yang tinggi tak lepas didengar, itulah ciri khas laut pantai selatan yang terkenal dengan ombak yang ganas. Namun demikian ombak yang menerpa pantai Sanggar ini tidak sedasyat pantai lain di tulungagung, karena lokasi yang berupa teluk inilah ombak dari laut bebas akan terpecah oleh batuan karang sepanjang pantai. Karang ini menjorok sepanjang  50meter-100 meter dengan kedalaman sedada hingga 3 meter tergantung pasang surut air laut. Sungguh indah biota yang ada didalamnya, ikan bahkan duri babi pun tak lupa bersarang dibawah deburan ombak. Pasang air laut  dipantai ini terjadi pada siang sampai sore hari sekitar jam 2 siang sampai menjelang magrib. Sayang untuk momen sunset tidak bisa kita dapatkan di pantai nan elok ini, hanya dapat di lihat dari karang disisi barat yang berbatasan dengan pantai Ngelur. Sangat berbeda sekali dengan pantai Ngelur yang terdiri dari Batuan karang yang tinggi mirip dengan tebing setinggi 5-10 meter. Sangat cocok untuk menikmati Sunset dan menikmati deburan ombak di lautan Lepas (Laut Bebas). Panjang karang setinggi 5-10 meter itu menjorok ke tengah laut sepanjang 200meter, namun untuk menempuhnya dari sanggar diperlukan waktu 45menit sampai 1 jam jalan kaki melintasi sisi barat pantai sanggar.  Pantai Ngelur ini lebih mirip dengan Watu Ulo yang sudah melegenda itu.
bagi kamu yang ingin berenang di daerah ini, kami usulkan agar sedikit berhati – hati karena seperti pantai selatan lain, Pantai sanggar juga memiliki ombak yang cukup besar apalagi dominasi karang harus juga di waspasdai.
namun hal itu tetap tidak menghilangkan pesona keindahan pantai sanggar ini.
Sekian sedikit info dari kami, dan kesan serta saran sangat di nantikan.Dan mari kita tingkatkan potensi wisata Di Tulungagung menjadikan Tulungagung kota wisata yang maju.
Berikut photo – photo dari pantai Sanggar yang kami ambil dari beberapa sumber.
keadaan saat surut hampir sama dengan tanah Lot

 

view Pantai Sanggar

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s